Sabtu, 27 April 2013

Keganjilan dan Keunikan Taman Yoro di Gifu Jepang

Hai!! hai!! *lambai tangan kenceng2
I'm Back!!! >_< 
*dari mane aja lu kagak update2 hah??!!
*ditabok readers T_T

haha maap maap :D
berhubung sibuk jadi lamaaaaaaaaaaa banget update nya :)
*dilempar lembing

okeeehhhh untuk menebus kesalahan (?)
sekarang ciel mau berbagi cerita kembali.... *yeay!
nah kali ini ciel dapet bahan cerita dari temen ciel yang tinggal di Jepang ^_^
dia berbagi pengalamannya saat disana... 
jadi ceritanya dia pergi jalan2 ke sebuah taman yang menurutnya sangat tidak lazim... -_-"
namanya adalah "Taman Yoro" yang letaknya di daerah Gifu Jepang.





begini...
kalian pasti inget kan permainan Benteng Takeshi :)
hha :D
yups... permainan dimana peserta berperan sebagai penyerbu Benteng Takeshi yang dijaga oleh pangeran dan para anak buahnya. Para peserta harus menembus pertahanan berupa lahan penuh rintangan dan horor monstrer atau jebakan yang tak terduga. 
*bener2 tak terduga deh -_- nyampe ngakak nontonnya gw -__-"
Acara ini cukup menghibur kan readers haha secara sering terjadi kekonyolan dan peristiwa lucu. selain itu para pesertanya pun terlihat ceria dan antusias ^^~


naaahhh..... seperti halnya Benteng Takeshi, taman yang terletak di kota kecil Yoro provinsi Gifu Jepang ini diberi nama sama seperti nama kota kecil tersebut "Yoro". Taman Yoro dirancang oleh Shusaku Arakawa dan istrinya Madeline Gins, mereka adalah seniman yang cukup berpengaruh di Jepang walau mereka telah bermukim di Amerika sejak tahun 1961. Biaya untuk menyelesaikan taman seluas 2 ha ini mencapai 11 juta dilar AS. Diresmikan tahun 1995, sebenarnya Taman Yoro semula tak lebih dari sebuah karya seni. 

Di Taman Yoro tak ada jalan setapak yang dapat dilalui dengan nyaman dan pikiran yang tidak konsentrasi karena sengaja dibuat miring, berbukit, dan sesekali terdapat lubang semacam sumur sedalam 3 meter. Lubang itu tidak berair tapi ditanami tanaman hias, bila permukaan tanah basah tersiram hujan pengunjung bisa terjerembap kedalam lubang tersebut. *ngagetin bener, bikin spot jantung klo bgni mah -___-'
Karena keberadaan taman ini pila, Provinsi Gifu yang letaknya sebelah barat Nagoya dijuluki sebagai pelopor pembangunan taman yang unik. Karena keunikan ini pula diluar dugaan taman ini dipadati pengunjung terutama remaja yang menyukai tantangan. Meski sempat terjadi kontra antara pemerintah dan sang seniman perancang taman ini, diluar dugaan Taman Yoro mampu menyedot pengunjung yang dicanangkan 150.000 orang per tahun, ternyata hanya dalam waktu 3 bulan target sudah tercapai. 



Itulah yang menyebabkan Taman Yoro tidak ditutup, padahal sebelumnya pemda Gifu pernah mengancam Arakawa jika bersikukuh mempertahankan karyanya tanpa mengindahkan keselamatan pengunjung. Karena menghasilkan devisa yang lumayan, terjadilah kesepakatan antara pemda Gifu dan Arakawa. Untuk mengurangi kecelakaan tetapi juga tidak mengganggu karya seni, pagar dan papan peringatan hanya dibuat pengelola taman ditempat yang benar-benar perlu. *huufff selameett selameet ~^^


Untuk membantu pengunjung seandainya terjadi kecelakaan, pengelola menyediakan P3K. Juga persediaan penyewaan pakaian pelindung tubuh dari kemungkinan terjadinye kecelakaan, seperti helm dan sepatu anti terpeleset (?) 

hmmm..... kalaupun ciel belum pernah kesana, *pengen banget padahal!! pengeenn!!  >_<
tapi kayaknya karya dari sang seniman negeri Sakura ini benar-benar bisa menorehkan kesan yang menyenangkan dan mengikat hati para wisatawan untuk terus menikmati kreasinya tersebut ya readers... :)
yaaa seperti halnya "matsuri" (festival) atau festival boneka tradisional Jepang, Sanja Matsuri atau festival pakaian tradisional Jepang, Golden Week Matsuri atau festival layang-layang hias, termasuk kreasi modern seperti karya Shukaku Arakawa itu, Taman Yoro yang benar-benar Unik!!

itu dia cerita yang pengan ciel share sama readers sekalian ... ~^^
terima kasih banyak buat teman ciel yang bersedia berbagi pengalamannya selama di Jepang sana hhe :)
semoga kalo dia balik lagi bawa oleh -oleh yang banyak ya!! :) *lhoo
eeh, maksudnya bawa cerita seru nya lagi selama disana biar bisa ciel share lagi disini... hahahaha ~^^
*dilempar gajah
okeeyyy sekian dulu cerita hari ini... terima kasih untuk readers semua yang sudah menyempatkan mengunjungi blog yang sederhana ini.. ~^^ *kissu kissu
maaf jika informasinya tidak jelas, banyak typo ataupun ada yang tidak dimengerti -_-

silahkan keluarkan unek-unek readers di kolom komentar ya... :)
thank's ^^~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar