Selasa, 02 April 2013

Katering dan Pariwisata (Catering Industry and Tourism)

hy all :D
sekarang kita bahas tentang dunia katering yu...
ternyata lumayan berpengaruh lho terhadap dunia pariwisata..
terutama pariwisata di Indonesia..
so.. happy reading.. 
let's Check this out ! ;D

Usaha katering dan Pariwisata

Catering Management adalah suatu program pendidikan yang menitik beratkan pada sistem pengelolaan usaha catering yang bermanfaat bagi kita yang memilih karir dalam usaha catering. 

Dengan mengikuti pelatihan ini, kita, sebagai pengelola, akan mendapat pengetahuan dan keterampilan yang bermanfaat dalam mengelola usaha catering yang kita pimpin. 

Pesatnya industri katering, akhir-akhir ini terus menggairahkan minat para pengusaha untuk terus menggarap usaha mereka dalam bidang makanan seperti restoran dan cafe yang banyak bermunculan.

Akan tetapi bukan hanya itu, bisnis rumahan seperti katering pun saat ini mulai bermunculan dan menjadi salah satu pesaing dalam bidang bisnis industri makanan.

Di Indonesia sendiri, bisnis katering sudah banyak terdapat diberbagai pelosok daerah. 

Tujuannya hanya satu, yaitu mengumpulkan keuntungan dengan membuat para pelanggan puas akan pelayanan kateringnya. 

Banyak cara untuk memulai bisnis katering seperti ini, yang pasti para calon pengusaha ini harus memulai dengan keseriusan, yang berarti dalam mengelola bisnis tersebut harus ditempatkan sebagai usaha yang tidak main-main dan ditangani secara profesional. 

Contoh umum yang harus dilakukan sebelum melakukan bisnis katering yaitu:



  • Menentukan pasar. Tidak ada salahnya membuat brosur sebagai alat promosi selain upaya dari mulut kemulut.
  • Harga, dalam hal ini para pelanggan pasti akan memilih katering dengan harga yang bersaing. Tentu kita harus pintar dalam menentukan harga yang cocok tetapi tidak merugikan. 
  • Menu, ini adalah hal yang sangat utama. Kita harus bisa mengolah menu yang enak, unik namun berkualitas. Dan juga makanan yang menjadi menu harus bisa menarik pelanggan agar tidak pindah katering. 
  • Rasa, biasanya orang akan segan untuk pindah katering karena sudah cocok dengan rasa makanan dari katering langganannya. Walaupun menu berubah, taste makanan harus diperhatikan agar pelanggan tidak merasakan rasa aneh atau berubah dilidah. 
  • Dan terakhir adalah pelayanan. Hal ini sangat penting agar pelanggan tetap memilih katering kita dan tidak pindah katering. Misalnya saja usaha katering rumahan dengan pelayanan telepon. Usahakan saat menerima telepon jangan sampai anak kecil yang menjawab telepon. 

Jika kita menghubungkan catering dengan tourism (pariwisata) maka akan muncul istilah wisata kuliner.

Ini adalah sesuatu aktivitas yang unik dimana jika kita mengetahui bahwa tourism atau kepariwisataan adalah kegiatan dimana kita melakukan perjalanan untuk rekreasi atau liburan yang dilakukan secara sukarela atau sementara untuk menikmati objek wisata dan daya tarik wisata. 

Mengapa dikatakan unik? Karena dalam wisata kuliner tersebut kegiatan yang dilakukan yaitu mencari, tertarik, menemukan, mencicipi dan puas. 

Dalam hal ini tidak sedikit orang yang rela meluangkan waktu liburannya dan juga uangnya untuk berwisata kuliner. 

Hal ini semata-mata untuk memuaskan hoby yang memang mereka senangi. Tidak sedikit memang kocek yang harus dikeluarkan. 

Akan tetapi jika kita sudah merasa puas dan terpenuhi akan hasrat memburu kuliner lezat berapapun akan tetap dikeluarkan.

Katering dan Tourism (pariwisata) memang suatu hal yang tidak bisa dipisahkan. Tanpa katering orang yang berwisata tidak dapat makan atau memenuhi kebutuhan makannya.

Karena ada hubungannya dengan pariwisata, maka pelayanan yang diberikan sangat penting agar para pelaku wisatanya puas terhadap apa yang disajikan. 

Maka dari itu menjalankan usaha katering sangat menguntungkan bagi kita karena saat ini banyak tempat wisata yang dapat kita jadikan objek untuk usaha katering.

naah, gimana??
ok, ternyata seru ya ngebahas tentang dunia katering dan pariwisata di Indonesia...
ayoo tulis juga pendapat kalian... 

Ciel tunggu lhoo...

thanks for reading... :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar