Jumat, 05 April 2013

Dogon dan Misteri Sirius (Season 2)

Good Morning Guy's...!! ^_^
pagi-pagi begini enaknya berjemur dibawah sinar matahari pagi yang hangat ya... :)
kalo kata orang sunda mah Moyan istilahnya.. hhahhahha :)
nahhh, sambil moyan Ciel mau cerita nih... masih inget cerita di artikel ciel terdahulu dengan judul "Tentang Bangsa Dogon" ? (bisa dibuka di link ini : http://cielynbeltham.blogspot.com/2013/04/tentang-bangsa-dogon.html ) nah sekarang ceritanya bakalan Ciel sambung lagi nih.... buat yang masih penasaran yuuukkk let's check this out!!! ~^^

Pada tahun 1975, didalam bukunya yang berjudul The Sirius Mistery, Robert K.G. Temple Menggunakan legenda yang dimiliki suku Dogon di kawasan Afrika Barat untuk mendukung hipotesisnya tentang astronaut purba (ancient astronaut). yang menggugah minat Temple atas orang-orang Dogon ini adalah pengetahuan astronomi yang mereka miliki yang tersembunyi dalam legenda asal-usul mereka.

Menariknya, sebagai produk budaya lisan, legenda tua yang mereka miliki justru dibuktikan kebenarannya setelah manusia mengenal teknologi yang belum tersedia ketika itu. salah satu diantaranya adalah pengetahuan mereka tentang bintang sirius, bintang paling erang yang menghiasi langit malam di rasi Canis Major (Anjing Besar), yang juga dipuja agungkan oleh banyak kultur bangsa.



Legenda Nommo
Legenda orang-orang dogon yang mendiami wilayah Mali sekarang ini menyebutkan bahwa proses penciptaan berawal dengan makhluk surgawi berwujud telur yang disebut Amma. Setelah bergetar sebanyak tujuh kali, Amma pun menetaskan Nommo atau roh pencipta. Menetasnya Nommo yang pertama ini diikuti munculnya sepasang wanita kembar dan empat pasang Nommo lainnya. Pada tahap berikutnya, Nommo mulai menciptakan dan mengatur langit dan Bumi, pergantian siang dan malam, musim, dan kehidupan manusia.


Dalam kepercayaan orang-orang Dogon, Nommo yang pernah berkunjung ke Bumi sejak ribuan tahun lalu berasal dari bintang sirius atau Pa Tolo dalam bahasa mereka, yang merupakan pusat alam semesta. Nommo berupa amfibi dan menyerupai ikan duyung, yang hidup disalah satu planet yang mengorbit bintang lainnya dalam dalam sistem bintang sirius tersebut. Menariknya, kalau ditelusuri jauh kebelakang, tidak hanya dalam legenda orang-orang Dogon saja, sosok Nommo pun dapat dijumpai dalam mitologi Babilonia, Akadia, maupun Sumeria.

Disebut pula bahwa Nommo telah mendarat di Bumi menggunakan bahtera besar yang berputar mengeluarkan suara bising dan angin kencang. Nommo lah yang mengajari orang-orang Dogon tentang segala sesuatu, termasuk diantaranya kensep kosmologi mereka. Kelompok etnik lainnya Bozo, yang hidup di wilayah berdekatan dengan orang-orang Dogon juga memiliki legenda serupa tenang bintang sirius yang mereka sebut sebagai The Eye Star. 

Dalam konsep kosmologi Dogon, alam semesta digambarkan sebagai "tak terhingga namun terukur" (infinite but measurable) dan dipenuhi dengan sistem bintang berbentuk spiral (galaksi spiral) atau Yalu Ulo, yang salah satu diantaranya menjadi tempat berlabuh Matahari berikut sejumlah planet yang menjadi pengiringnnya.



Dogon dan Rahasia Langit
Bintang Sirius yang menjadi jantung "Sang Anjing" di rasi Canis Major ( Anjing Besar ) berada dibelahan langit selatan, dekat dengan khatulistiwa langit tempat bernaungnya Orion, sang Pemburu. Bukan pekerjaan sulit untuk dapat menemukan Sirius dilangit malam. Dengan mudah bintang yang berwarna putih kebiruan ini ditemukan dengan bantuan tiga buah bintang terang dibagian pinggang Sang Pemburu. Bila ketiga bintang yang menandai sabuk orion kita hubungkan, perpanjangan garis khayal yang terbentuk akan mengarah ke Sirius.


Dalam dongeng orang-orang Dogon, disebutkan bahwa Sirius atau Po Tolo memiliki bintang pasangan yang tak terlihat oleh mata manusia. Bintang pasangan ini mengorbit Sirius dalam lintasan berbentuk elips dan menyelesaikan satu kali revolusinya dalam waktu 50 tahun. Disebutkan pula bahwa bintang tersebut sangat berat sebab tersusun atas bahan logam dan berputar pada porosnya (rotasi)dalam waktu 1 tahun. 


ok, sekian cerita dari Ciel tentang misteri sirius dan dogon ... :)
semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan ya... :)
don't forget to leave your comment guy's... 
don't be a silent reader okkeeyyy...... :)
hargailah kami sebagai penulis...
thank's... ~^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar