Senin, 29 Juli 2013

Sejarah Asmila Boutique Hotel Bandung

 Hampir 20 tahun lebih PT. Marintur Indonesia berkecimpung di dunia pariwisata, tak heran jika PT. Marintur sebagai salah satu pelopor di lapangan dan diantara organisasi yang paling mapan dalam industri pariwisata Indonesia. PT. Marintur Indonesia merupakan usaha biro perjalanan wisata yang menawarkan kualitas dan layanan yang paling dipercaya oleh tim yang berdedikasi terbaik dari profesional. Dikelola oleh manajemen yang bijaksana dan beroperasi dari tangan ke tangan dengan jaringan di di seluruh dunia, perusahaan ini didorong oleh komitmen yang kuat untuk mempromosikan investasi dalam bisnis pariwisata terkait.
Untuk memenuhi tantangan dalam pertumbuhan dunia pariwisata, maka pada bulan april 2007 Direksi PT. Marintur Indonesia mendirikan PT. Tyahyaputri Puritama. Inti bisnis dari perusahaan PT. Tyahyaputri Puritama ialah hotel. PT. Tyahyaputri Puritama merupakan pemain independent yang terdepan di Indonesia di bidang pembangunan dan manajemen hotel.
Salah satu dari langkah kesuksesan PT. Tyahyaputri Puritama adalah mengembangkan properti mewah, yaitu Asmila Boutique Hotel Bandung (ABHB) yang berkonsepkan hotel butik yang memiliki aksen interior klasik artistik serta beorientasi pada ramah lingkungan. Terletak di pusat kota Bandung Utara yang dibuka untuk area industri bisnis, belanja, dan hiburan yang jaraknya hanya 3,5 km dari Bandara Internasional Husein Sastranegara. Asmila Boutique Hotel Bandung  tepat berada di Jl. Dr. Setiabudhi No. 54 Bandung 40141 yang merupakan salah satu jalan penghubung menuju Kab. Subang,  Objek Daerah Tempat Wisata (ODTW) Gunung Tangkuban Perahu dan tempat wisata hiburan lainnya yang berada di sepanjang jalan Dr. Setiabudhi. Hotel ini di bangun pada tahun 2009 hingga awal tahun 2010 dan mulai beroperasi setelah melakukan soft opening pada akhir tahun 2010, Asmila Boutique Hotel Bandung merupakan hotel yang setara dengan hotel bintang empat (****) atau boutique hotel lainnya.
Asmila Boutique Hotel Bandung merupakan kolaborasi yang harmonis, dengan sentuhan keramahan etnik yang berpadu dengan standar internasional. ABHB terdiri dari 30 luxurious deluxe room dan 6 modern suites dengan penataan kamar yang elegan dan luas. Asmila Boutique Hotel Bandung awalnya merupakan sebuah rumah yang kemudian oleh sang pemiliknya dibangun kembali menjadi sebuah hotel. Bahkan nama ‘Asmila’ merupakan sebuah akronim unik dari kedua nama orangtua pemilik yaitu, ‘Ashadi’ dan ‘Dumilah’. Dibangun atas rasa kecintaannya terhadap kedua orangtua beliau, untuk mengenangnya diberikan nama Ashadi untuk ruang pertemuan (meeting) dan Liek’s untuk nama restaurant yang berada di hotel ini. 
Asmila Boutique Hotel Bandung memiliki simbol yang unik jika diperhatikan dengan seksama, dibalik keunikan bentuk simbol ini memiliki makna tersindiri bagi pemilik hotel ini, makna tersebut yaitu:
1. Simbol Asmila Boutique Hotel Bandung merupakan bentuk angklung, yang melambangkan melestarikan budaya Jawa Barat, dimana hotel ini terletak.
2. Bentuk angklung yang feminim dapat diartikan bahwa pemilik  dari sebuah hotel ini seorang wanita.
3. Terdapat tiga (3) angklung dalam simbol tersebut yang dapat diartikan bahwa pemilik merupakan anak dari dua bersaudara.


Visi dan Misi Asmila Boutique Hotel Bandung 2012
Asmila Boutique Hotel Bandung dalam pengoperasiannya mengusungkan serta menerapkan konsep eco friendly atau ramah lingkungan. Seperti non smooking room yang ditawarkan disetiap kamar hotel hal ini merupakan upaya untuk kebersihan dan mengurangi polusi udara yang selama ini menjadi salah satu penyumbang terbesar penyebab dari global warming. Serta penggunaan standing ashtray yang terbuat dari gerabah yang disediakan di beberapa smooking area. Tak hanya menghindari penggunaan plastik dan stainless untuk fasilitas hotel, tetapi juga menghindari mengkonsumsi yang terbuat dari bahan-bahan kulit. 
Penggunaan produk-produk lokal untuk kelengkapan fasilitas hotel sangat diutamakan sekali oleh Asmila Boutique Hotel Bandung. Beberapa diantaranya ialah ABHB memilih supplier lokal air mineral BMC sebagai pemasok utama untuk semua kebutuhan air mineral dalam kemasan di hotel ini, dan penggunaan produk lokal lainnya untuk beberapa souvenir yang disediakan dihotel ini. Aksi ramah lingkungan lain dari hotel ini ialah tetap melestarikan serta selalu menjaga penghijauan disekitar hotel ini. Dan yang sangat terpenting ialah hotel ini pun khusus merancang satu suite room yang didedikasikan sebagai disable room.
Layaknya hotel yang lain, Asmila Boutique Hotel Bandung pun memiliki beberapa target atau tujuan yang harus dicapai bersama. Demi mengangkat eksistensinya didalam industri perhotelan saat ini yang sangat ketat sekali. Adapun visi dan misi Asmila Boutique Hotel Bandung ditahun 2012 ini, yaitu:
Visi Asmila Boutique Hotel Bandung 2012 
Menjadi “hotel boutique ethnic” terbersih dan terfavorit yang ramah lingkungan dan sebagai pilihan utama Wisman dan Wisnus di kota Bandung.
Misi Asmila Boutique Hotel Bandung 2012
-Mengupayakan segala bentuk aktivitas secara optimal untuk menciptakan lingkungan hotel yang bersih, rapih, asri, aman dan nyaman.
-Meningkatkan nilai tambah kepada pelanggan secara berkesinambungan melalui eningkatan kualitas produk dan kualitas pelayanan.

5 komentar:

  1. Balasan
    1. waduh.. begitu ya ?
      nanti saya ganti deh fontnya ... :)
      terimakasih sudah mampir ... ^_^

      Hapus
    2. selamat siang mba cielyn tau sejarah/asal muasal nya Asmila hotel dari mana mba ?? saya skarang bekerja disini ,, :/
      trimakasih

      Hapus
    3. selamat siang mba dede...
      saya pernah pkl di asmila bbrp tahun yg lalu..
      lalu diberi file tentang sejarah asmila oleh hrd terdahulu untuk keperluan laporan hasil pkl di universitas mba...

      Hapus
    4. selamat siang mba dede...
      saya pernah pkl di asmila bbrp tahun yg lalu..
      lalu diberi file tentang sejarah asmila oleh hrd terdahulu untuk keperluan laporan hasil pkl di universitas mba...

      Hapus