Senin, 29 Juli 2013

Yuk! Cegah Penuaan Dini!

Guys, usia boleh bertambah, tapi gak mau dong kalau penampilan bikin kita kelihatan lebih tua dari usia sebenarnya. Karena itu kita harus tahu bagaimana caranya mencegah penuaan dini, khususnya pada kulit, sehingga penampilan selalu segar.

Tanpa disadari, pasti selama ini kita sering terkena paparan sinar matahari langsung, polusi dan asap rokok. Belum lagi banyaknya kegiatan yang dilakukan dalam ruang ber-AC, serta stres akibat hal2 tertentu yang selalu jadi menu sehari-hari. Kita harus berhati-hati tuh guys, karena keseluruhan faktor ini bisa mempengaruhi kondisi kulit kita dan menyebabkan penuaan dini pada kulit. Waduh!!

Biasanya nih, area yang rawan terserang penuaan dini yaitu tangan (mulai dari punggung tangan dan lengan atas), area leher, perut paha, dan wajah. Soalnya, faktor usia dan paparan sinar matahari yang lengkap dengan radikal bebasnya gampang banget menyerang bagian tersebut. Akibatnya kolagen dan elastisitas kulit menjadi rusak, sehingga memacu timbulnya keriput

Tanda-tanda penuaan dini bisa dilihat dari:
- Kulit menjadi lebih kusam, kasar dan kering
- Banyak bercak atau vlek hitam pada kulit
- Pori-pori membesar
- Penumpukan lemak dibawah perut dan lengan atas

dari pemaparan di atas, ada beberapa cara alami untuk mencegah penuaan dini. Tidak perlu repot-repot ke salon kecantikan atau berobat ke dokter. Caranya diantaranya,

Minum teh hijau
Denga meminum teh hijau mampu memerlambat kehadiran keriput dan lingkaran hitam di bawah mata. Teh hijau mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai anti oksidan, anti karsinogenik dalam pengubahan enzim di tubuh.

Tertawa lepas
Tertawa dapat mengurangi tingkat stres karena dapat meningkatkan endorphin. Dengan stres berkurang maka garis kerut di wajah pun akan semakin minim.

Gunakan masker buah
Raciklah masker alami dari buah sesuai pilihan kamu. Setelah itu pulaskanlah di wajah. Enzim dari buah dapat membantu melepaskan kulit kering dan mengurangi akumulasi melanin.

Mengkonsumsi raspberry dan ceri
Buah-buahan ini mengandung anthocyanin, merupakan pigmen yang larut air dan dapat melindungi kita dari penuaan. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi anthocyanin dapat membantu sirkulasi darah mengalir dengan baik.

Minum banyak air
Cara alami dan terbaik untuk berurusan dengan penuaan adalah minum air putih sebanyak mungkin. Air dapat membantu pencernaan dalam penyerapan nutrisi dan menghilangkan kotoran di tubuh. Selain itu air pun membantu proses detoksifikasi tubuh sehingga kulit tak lekas keriput.

Melakukan latihan fisik
Olahraga dapat membantu kamu tetap muda dalam waktu lebih lama.

Mengkonsumsi Buah Naga
Buah naga kaya akan beta-carotene, yaitu provitamin A yang mengurangi risiko proses oksidasi karena radikal bebas. Selain itu, kandungan vitamin E-nya bisa memperlambat perkembangan sel.Vitamin B3 yang terkandung dalam buah naga sangat efektif untuk melembabkan kulit. Selain itu, vitamin ini juga bisa mencerahkan kulit.

Perbanyak asupan kalsium
Perkaya kalsium dalam asupan sehari-hari kamu dengan mengkonsumsi keju, yoghurt, pisang dan susu.

Berjalan kaki
Dokter mengatakan bahwa berjalan kaki merupakan cara terbaik mencegah penuaan. Dengan berjalan kaki secara teratur dapat menjaga kesehatan jantungmu. Tak hanya itu, berjalan kaki pun memerkuat sistem sarat sehingga dapat memerlambat laju usia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar