Selasa, 30 Juli 2013

Birthday in Various Countries


yaaaaak..!!!
angkat tangan yang lagi ulang tahun..!!
Seneng banget ya, kalau ulang tahun terus dirayakan bersama teman2 dan orang terdekat lainnya.
Begitu juga orang di berbagai negara, yang pasti semangat untuk merayakan hari kelahirannya dengan berbagai cara.

Dulu, ketika seorang berulang tahun, dikhawatirkan ada roh jahat yang akan berkuasa. Soalnya, orang ini tengah menjalani perubahan dalam hidup. Inilah yang membuat ulang tahun dirayakan bersama keluarga dan teman-teman. Mereka mengelilingi orang yang ulang tahun dengan tawa dan kebahagiaan. Tujuannya tentu untuk melindungi the birthday person dari roh jahat. Jadi, kado yang diberikan berupa pikiran positif dan harapan agar yang berulang tahun bahagia sepanjang tahun yang akan datang. Namun, jika tamu juga memberi hadiah berupa barang, itu dipertimbangkan sebagai barang istimewa yang membawa pengaruh baik bagi yang berulang tahun.

Perayaan ulang tahun sempat hanya dirayakan oleh kaum bangsawan dan orang-orang penting. Sebab, merekalah yang mempunyai uang banyak untuk membuat perayaan. Lama-kelamaan, ulang tahun menjadi tradisi di berbagai negara. Banyak negara yang mempunyai tradisi khusus merayakan ulang tahun. Sejarah keluarga, kebudayaan, bahasa dan status ekonomi berpengaruh dalam cara merayakan ulang tahun di berbagai negara. Khususnya lokasi geografis dan kepercayaan lokal. Ada yang tampaknya aneh atau lucu, tapi semuanya unik. berikut diantaranya :



AMERIKA UTARA
Mayoritas anak amerika merayakan ulang tahun dengan kue yang diatasnya diberi lilin. Kebanyakan lilin itu menunjukan berapa banyak umurnya. Saat lilin ditiup, yang ulang tahun diharapkan mengajukan permintaan dalam hatinya dan tidak boleh diberitahu kepada siapapun. Setelah itu lilin harus ditiup sampai padam. Kalau padam dalam sekali tiupan, mereka percaya bahwa harapan itu akan jadi kenyataan.
Sebagian anak menerima pukulan di pantat saat ulang tahun, yang asalnya dari takhayul saja. Tapi sekarang masih sering digunakan sebagai lelucon. Seabad lalu, tamparan di pantat diberikan sebanyak umur anak yang ulang tahun. Selain itu, anak masih menerima beberapa gebukan, masing-masing untuk harapan agar anak berkembang hidup, makan, bahagia dan lancar jodohnya. Lagu Happy Birthday juga menjadi tradisi yang sudah lama berlangsung. Lagu itu ditulis oleh dua wanita bersaudara Amerika, tahun 1893 dan kini telah diterjemahkan kedalam berbagai bahasa.

MEXICO
Orang Mexico mengisi pinata (semacam pot keramik) dengan permen dan mainan untuk merayakan yang berulang tahun. Pinata itu digantung ditengah ruangan. Saat pesta berlangsung, anak-anak akan coba memukul pinata. Dengan mata tertutup, anak-anak akan mencoba mencapai dan memukul pinata itu dengan tongkat yang disiapkan sampai pinata pecah. saat harta benda berhampuran, orang akan berebut mengumpulkannya. Orang Mexico percaya, barang siapa berhasil memecahkan pinata, akan mendapat keberuntungan.

AMERIKA LATIN
Dibeberapa kebudayaan latin, seorang gadis merayakan ulang tahun yang special ketika ia menginjak usia 15 tahun yang diebut quinceanera. karena pada usia itu dipercaya merupakan masa seorang gadis beralih menuju dewasa (puber). Perayaan ini kerap melibatkan upacara religius di gereja. Disini ia mendapat pencerahan keturunan dan perjalanan spiritualnya.

ARGENTINA
Anak-anak di Argentina ditarik cuping telinganya saat mereka berulang tahun. Menurut tradisi, mereka di"jewer" sebanyak umurnya.

AFRIKA
Hari kelahiran seorang anak Afrika bukanlah hari yang istimewa. Kalau anak-anak itu sudah mencapai umur tertentu, barulah ada perayaan. Yaitu inisiasi dalam komunitasnya. Lewat upacara inisiasi ini seorang anak resmi berpartisipasi dalam upacara ritual dan mempelajari hukum yang berlaku di komunitasnya. Perayaan inisiasi itu umumnya dilakukan perkelompok anak, bukan satu persatu.

GHANA
Tiap tahun orang Asante di Ghana merayakan Krada (hari bagi jiwa) pada hari mereka lahir. Acara itu meliputi pembersihan ritual untuk memurnikan jiwanya. Jadi, yang berulang tahun bangun pagi dan membasuh diri menggunakan daun spesial yang sudah direndam semalaman dalam air. Sore harinya, diadakan pesta bersama keluarga dan teman-teman. yang berulang tahun biasanya memakai baju yang bernuansa putih.

IRLANDIA
Anak Irlandia yang ulang tahun diberi birthday bumps. Jadi, anak akan diayun keatas dan pelan-pelan diturunkan ke bawah, sejumlah umurnya. Tentu disertai harapan dan doa agar mendapat peruntungan baik di tahun depan.

INGGRIS
Mengirim kartu ucapan merupakan tradisi yang dimulai di Inggris sejak seabad lalu. Sekarang jutaan kartu dikirim ke seluruh dunia untuk orang yang berulang tahun. Tradisi ulang tahun linnya yang dipraktekan orang Inggris adalah membuat kue ulang tahun dengan benda simbolis didalamnya. Benda bisa berupa koin dan kaos tangan yang dicampur mentega. Mereka percaya orang yang mendapat koin akan makmur, sementara yang mendapat kaos tangan tak akan pernah menikah. Tapi, sebelumnya tamu sudah diperingatkan akan adanya benda tersembunyi dalam kue agar benda itu tak melukai mulut atau ditelan oleh tamu.

SKANDINAVIA
Orang Skandinavia mengibarkan benderanya untuk memberitahu bahwa ada anggota keluarga yang sedang berulang tahun. Hadiah-hadiah ditaburkan di sekeliling tempat tidur saat yang berulang tahun sedang tidur. Jadi kado itulah yang pertama akan dilihat saat mereka membuka mata setelah tidur.

NORWEGIA
Di hari ulang tahunnya, anak Norwegia berdansa di depan kelas dengan seorang teman, sementara yang lain menyanyikan lagu ulang tahun. Bendera negara juga dikibarkan didepan rumah orang yang berulang tahun. Saat ada orang penting yang berulang tahun, jalanan di Norwegia akan didekorasi dengan bendera.

TIMUR TENGAH
Acara ulang tahun orang mesir penuh dengan nyanyian dan tarian. Buah dan bunga digunakan untuk mendekosari ruangan pesta  sebagai simbol kehidupan dan pertumbuhan. Di Saudi Arabia, orang tidak merayakan ulang tahun karena kepercayaan mereka melarangnya. Namun hari raya agama dan pernikahan tetap dirayakan sebagai perayaan besar. Sedangkan di Israel anak yang berulang tahun duduk dikursi khusus yang didekorasi dengan bunga segar dan daun-daun hijau. Untuk merayakan umur anak itu, keluarga dan teman-teman berkumpul disekitar kursi, mengangkat dan menaikannya sesuai jumlah umur, disertai ucapan selamat dan semoga lebih beruntung di tahun depan.

KOREA
Pada hari paegil (seratus hari setelah anak lahir) merupakan hari puasa untuk keluarga anak itu. demikian juga saat ulang tahun pertama, yang disebut tol, puasa diselenggarakan untuk menghormati anak yang berulang tahun. Keluarga dan teman kemudian berkumpul untuk makan dan minum. Mereka kemudian memberikan uang berumur setahun sebagai kado.

JEPANG
Ulang tahun ketiga, lima dan tujuh merupakan ulang tahun spesial yang dianggap penuh keberuntungan. Mereka diizinkan berpartisipasi dalam festival Shici-go-san (festival tujuh-lima-tiga) yang dirayakan setiap tanggal 15 November. Selama festival, anak-anak itu dan keluarganya mengunjungi kuil atau tempat pemujaan lainnya. Mereka akan bersyukur atas kesehatan yang baik dan memohon agar tetap mendapat berkat dan tetap sehat di tahun mendatang. Setelah itu keluarga akan menyelenggarakan pesta dan memberi hadiah untuk yang berulang tahun. Untuk acara ini yang berulang tahun biasanya memakai baju terbaiknya. Bisa Kimono atau baju barat.

CINA
Orang Cina percaya harimau melindungi anak-anak. Anggota keluarga akan membawakan anak yang baru lahir berupa makanan spesial dan hadiah berupa baju atau mainan bergambar harimau. Saat berumur satu tahun, diberikan bermacam-macam benda dan mainan di lantai dekat anak itu. mereka percaya barang yang dipilih untuk diambil oleh yang berulang tahun melambangkan profesinya di masa depan.
Hongkong dan komunitas Cina lainnya akan menghidangkan mie spesial untuk makan siang, demi menghormati anak yang berulang tahun. Mie itu bentuknya panjang, yang melambangkan panjang umur.

FILIPINA
Keluarga di Filipina memajang lampu kelap-kelip untuk menunjukan ada orang yang sedang berulang tahun dirumahnya. Seluruh keluarga biasanya pergi ke gereja bersama-sama untuk bersyukur. Setelah itu baru makan-makan bersama keluarga dan teman-teman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar